Selasa, 20 November 2012

Aplikasi Chatting Keren "WhatsApp"

Siapa sih yang nga kenal WhatsApp sekarang....!!! WhatsApp adalah salah satu aplikasi chattingan fenomenal seperti BBM (BlackBerry Messenger). Beda nya, WhatsApp adalah aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa membayar sms, karena WhatsApp menggunakan data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain. Sehingga kita tidak akan menggeluarkan biaya saat menggunakan nya. WhatsApp dapat menggunakan koneksi 3G atau Wifi untuk berkomunikasi. Dengan menggunakan WhatsApp, kita bisa melakukan chatting, file sharing, dan lain-lain secara gratis.




Wow its so cool... Hanya dengan koneksi internet 3G atau Wifi gratisan kita sudah bisa loh chattingan sepuas nya dengan teman-teman & keluarga. Bahkan menggunakan WhatsApp, kita juga bisa sepuas nya mengirim foto, video, musik, serta lokasi kita. Perlu teman-teman ketahui, pada awal nya WhatsApp hanya dibuat untuk pengguna iPhone saja. Kemudian dengan seiring perkembangan nya, aplikasi WhatsApp sekarang juga telah tersedia untuk BlackBerry, Android, dan Symbian.




Sebelum menggunakan WhatsApp, kita harus menginstal nya terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut :

  • Download aplikasi WhatsApp dari website nya, untuk ke website nya klik disini.

  • Instal aplikasi tersebut.

  • Daftarkan nomor telepon kita tanpa menggunakan "0" atau format internasional "+62" untuk Indonesia. Karena WhatsApp menggunakan nomor telepon untuk mendaftarkan kita dalam database nya.

  • Aplikasi kemudian akan mengirimkan kode konfirmasi via sms yang mengharuskan kita untuk mengisikan kode konfirmasi tersebut. Setelah kita mengkonfirmasi nomor telepon kita, maka WhatsApp pun telah siap untuk digunakan.

  • Aplikasi WhatsApp akan secara otomatis mendata data kontak kita untuk mencari siapa saja yang telah menggunakan WhatsApp. Sehingga kita tidak perlu repot-repot lagi untuk mecari teman-teman & keluarga yg sudah menggunakan WhatsApp. Untuk mengetahui siapa saja yang sudah masuk dalam daftar, tekan pada tab "contact". Mereka yang menggunakan WhatsApp akan memiliki status disamping nama mereka.

  • Mulai lah chat dengan teman-teman kita yang menggunakan WhatsApp dengan mengklik nama nya.

  • Kita pun dapat mengundang teman kita untuk menggunakan WhatsApp dengan menggunakan fitur "Invite Friend"



Berbeda dengan BBM (BlackBerry Messenger) yang menggunakan PIN unik untuk menambahkan daftar teman. Di WhatsApp untuk menambahkan teman, hanya nomor hp teman kita saja yang diperlukan. 



                                        Contoh chattingan di WhatsApp



Bagaimana cara nya mengetahui 'tanda pesan terkirim & sudah dibaca"...????


Nah, fitur ini mirip sekali dengan BBM (BlackBerry Messenger). Kalau di BBM menggunakan tanda "D" & "R", di WhatsApp menggunakan tanda centang. Centang 1x arti nya terkirim ke server, centang 2x arti nya sudah terkirim ke hp lawan bicara kita, kecuali pada percakapan kelompok (group). Apabila tidak terkoneksi internet, akan muncul tanda jam yang mengartikan pengiriman pesan tertunda.




Beberapa keuntungan memakai WhatsApp :

  • Terintegrasi ke dalam sistem : WhatsApp, layaknya sms, tidak perlu membuka aplikasi untuk menerima sebuah pesan. Notifikasi pesan tetap masuk walau pun hp kita sedang "off" dan akan tetap disampaikan jika hp kita sudah "on" internet nya.

  • Status pesan : "Jam merah" untuk proses loading di hp kita. "Tanda centang" jika pesan terkirim ke jaringan. "Tanda centang ganda" jika pesan sudah terkirim ke teman chat. "Silang merah" jika pesan gagal.

  • Broadcast & Group Chat : "Broadcast" untuk kirim pesan ke banyak pengguna. "Grop Chat" untuk mengirim pesan ke anggota sesama komunitas.

  • Tidak hanya teks : WhatsApp memiliki fitur untuk mengirim gambar, video, suara, dan lokasi GPS via hardware GPS atau Gmaps. Semua fitur ini langsung dapat ditampilkan & bukan berupa link.

  • Hemat Bandwidth : Karena terintegrasi dengan sistem, maka tidak perlu login & loading kontak atau avatar, sehingga transaksi data makin irit. Aplikasi WhatsApp pun dapat dimatikan, dan hanya aktif jika ada pesan masuk, sehingga bisa menghemat baterei hp kita.





Sekian & Terima Kasih...





    

Ditulis Oleh : Geraldi Gusto Gentong // 12.18
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Geraldi.com. Diberdayakan oleh Blogger.