Sabtu, 24 November 2012

Tak mau ketinggalan.. Yamaha pun akan membuat mobil juga

Berdasarkan berita yang saya dapat, Yamaha akan berencana melebarkan sayap mereka ke kancah otomotif roda empat dengan menyiapkan mobil Supercar bernama "R Car". Mobil yang masih berstatus konsep ini & masih dalam tahap study merupakan hasil karya desainer independen dari Spanyol, Albert Rosello.






Diri nya menggambarkan konsep mobil ini merupakan wujud dari sebuah supercar yang dibangun dengan jiwa superbike. Dari penampilan terlihat sedikit mirip dengan desain Lamborghini Esque. Untuk jantung pacu mobil ini bakal memiliki tenaga mencapai 900 PS. Diakui dengan daya tersebut & berat hanya 1100 kg dapat menjadi penantang serius mobil-mobil cepat yang ada saat ini.





Perlu diketahui, bahwa sesungguh nya keliru besar jika kebanyakan orang hanya menganggap bahwa perusahaan Yamaha hanya memproduksi sepeda motor & alat-alat musik saja. Sesungguh nya Yamaha sudah berkelana ke berbagai bidang. Salah satu nya Yamaha pernah merasakan panas nya persaingan di arena balap F1. Memang di ajang jet darat ini, mereka tidak mendaftarkan diri sebagai tim, melainkan sebagai penyuplai mesin.



Dimulai pada tahun 1989 melalui tim "Zakspeed" & dua tahun kemudian pada tahun 1991, beralih ke "Brabham" milik Bernie Ecclestone & hanya bertahan satu musim. Selanjut nya mesin Yamaha digunakan pada mobil "Jordan" (1992), dimana hanya bertahan satu tahun juga. Kecuali dengan "Tyrell" yang bertahan cukup lama & diandalkan sampai empat tahun. Tak cuma itu, Yamaha pernah juga membangun supercar OX9911 yang futuristik dengan mesin V12, pada tahun 1990-an. Sayang sekali, program itu dibatalkan karena Jepang sedang dilanda krisis keuangan, meski sudah sempat diproduksi tiga unit prototipe supercar OX9911.


 

Bahkan jauh sebelum itu, hubungan Yamaha dengan dunia permobilan sudah berjalan . Di antara nya ikut membantu Toyota kala mengembangkan mobil sport nya, yakni Toyota 2000GT pada 1967. Setelah itu, Yamaha membangun beberapa model mesin mulai dari empat silinder V8, kemudian 3,0 liter V6 SHO yang dipakai Taurus & kemudian diganti 3,4 liter V8.


 

Source : Carscoop & Kompas.com    

Ditulis Oleh : Geraldi Gusto Gentong // 20.40
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Geraldi.com. Diberdayakan oleh Blogger.